Monday, 21 November 2016

Tempat Wisata Candi Cangkuang dan Kampung Pulo Garut Jawa Barat

Tempat Wisata Candi Cangkuang dan Kampung Pulo Garut

Wisata dan Kuliner - Siapa sangka kota garut yang terkenal dengan makanan khas berupa dodol ternyata juga memiliki banyak tempat wisata baik itu wisata kuliner, wisata berupa pemandangan alam, maupun tempat wisata bersejarah. Setelah beberapa saat yang lalu blog wisata dan kuliner membahas mengenai salah satu tempat wisata di garut juga yaitu danau dariza hotel dan resort, kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata bersejarah yaitu candi cangkuang dan kampung pulo garut. Candi Cangkuang merupakan salah satu candi kebudayaan hindu yang masih kokoh berdiri hingga saat ini, dan tempat keberadaan candi cangkuang ini sekarang dijadikan objek wisata yang cukup banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Candi Cangkuang garut ini terletak disebuah pulau kecil dan pulau kecil tersebut berada di tengah sebuah danau atau dalam bahasa sunda orang menyebutnya dengan nama situ cangkuang. Candi Cangkuang ini juga merupakan satu-satunya candi peninggalan hindu yang berada tanah sunda. 

Wisata Candi Cangkuang Garut
Candi Cangkuang Garut

Jika anda melakukan wisata untuk melihat candi cangkuang anda juga bisa mampir ke kampung pulo. Kampung Pulo adalah sebuah perkampungan disekitar candi cangkuang yang masih sangat sakral akan adat-istiadat jaman dulu sampai saat sekarang ini. Jika melakukan wisata ke kampung pulo banyak orang yang heran, karena dinamakan sebuah kampung tetapi rumah disana hanya ada enam saja, hal tersebut dikarenakan pada pedahulu mereka mengharuskan rumah disana hanya boleh ada enam tidak boleh lebih ataupun kurang. Ke enam rumah ini sudah ada dari kampung pulo berdiri sampai sekarang,jumlah rumah di kampung pulo ini tidak pernah ditambah atau dikurangi karena masyarakat kampung tersebut memiliki kepercayaan jika rumah tersebut jumlahnya di rubah maka akan datang bencana. Walaupun berada di dekat candi cangkuang yang merupakan peninggalan hindu warga kampung pulo tersebut masih mayoritas memeluk agama islam. Masih ada adat yang dipegang teguh di kampung pulo adalah jumlah di kampung tersebut juga tidak boleh lebih dari enam keluarga, jika lebih maka harus secepatnya meninggalkan kampung tersebut. Masih ada juga kepercayaan di kampung pulo berupa larangan melakukan ziarah pada hari rabu dan juga larangan bermain wayang golek, itulah beberapa aturan adat dikampung pulo yang masih dipegang teguh sampai sekarang.

Wisata Kampung Pulo Garut
Kampung Pulo Garut

Alamat Candi Cangkuang dan Kampung Pulo Garut.

Letak dari Candi Cangkuang dan Kampung Pulo ini berada di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang Kecamatan Leles, Garut- Jawa Barat. Di tempat wisata candi cangkuang ini anda bisa melihat sebuah candi yang di sampingnya juga terdapat sebuah makam keramat yaitu makam Embah Dalem Arief Muhammad, makam ini merupakan makam yang sangat disakralkan masyarakat setempat.Selain melihat candi cangkuang disekitar sana juga terdapat sebuah museum yang dibuka untuk umum dan bisa anda kunjungi untuk melihat benda-benda peninggalan sejarah yang ditemukan di daerah sekitar candi tersebut. Jika ingin ke tempat wisata candi cangkuang dan kampung pulo bisa gunakan rute jalan keluar tol cileunyi lalu menuju kearah jalan rancaekek lalu diteruskan sampai nagrek setelah melewati tempat kuliner darmaga sunda resto nagreg masih lurus sampai ketemu jalan cagak. Setelah sampai jalan cagak anda belok kanan kearah garut lalu lurus sampai kecamatan leles, kalau sudah sampai leles sudah banyak papan petunjuk jalan kearah candi cangkuang, anda tinggal ikuti saja petunjuk jalannya pasti akan sampai di tempat wisata candi cangkuang dan kampung pulo garut.  Jika takut kesasar anda bisa mamfaatkan google maps sebagai petunjuk jalan ke candi cangkuang tersebut.


Tiket masuk candi cangkuang dan kampung pulo garut.

Untuk harga tiket masuk candi cangkuang dan kampung pulo ini sangat murah meriah tidak seperti jika anda mengunjungi wisata alam di bandung. Misalnya jika anda mengunjungi wisata gunung tangkuban perahu anda harus membayar tiket diatas Rp 15.000/orang, tetapi untuk masuk candi cankuang anda cukup bayar tiket Rp 5.000/orang. Karena lokasi candi cangkuang yang berada di tengah situ cangkuang maka untuk kesana anda harus menggunakan jasa berupa rakit dengan biaya Rp 6.000/orang. Asik juga sih naik rakit di situ cangkuang karena pemandangan di situ atau danau cangkuang ini cukup indah tidak kalah bagus dengan tempat wisata situ cileunca yang ada di tempat wisata bandung. Biaya lainnya seperti untuk parkir kendaraan roda empat Rp 5.000 dan roda dua Rp 3.000. Cukup murah khan biayanya. Sekian informasi dari wisata dan kuliner mengenai tempat wisata candi cangkuang dan kampung pulo garut, semoga bisa bermamfaat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.