Saturday, 13 May 2017

Lokasi Wisata Sanghyang Heuleut Bandung Barat

Lokasi Wisata Sanghyang Heuleut Bandung Barat

Wisata dan Kuliner - Dari sekian banyaknya tempat wisata alam dibandung mungkin yang paling aneh sering Anda dengar adalah tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu,tapi tentu anda belum pernah mendengar salah satu tempat wisata alam yang lokasinya sangat bagus untuk anda kunjungi yaitu Sanghyang Heuleut. Tempat Wisata Sanghyang Heuleut ini memang merupakan tempat wisata yang bisa dibilang jarang dikunjungi orang karena letaknya yang jauh dari pusat kota dan juga untuk mencapainya pun bisa dibilang tidak mudah. Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi oleh bebatuan yang bentuknya berbukit dengan kondisi airnya yang sangat jernih serta danaunya yang terlihat kehijauan. Karena keindahannya inilah maka bagi sebagian orang yang pernah berwisata ke Sanghyang Heuleut ini menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi di Bandung Barat. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat konon pada jaman dahulu kala danau Sanghyang Heuleut ini merupakan tempat mandi para bidadari yang turun dari khayangan dan ada juga yang bilang bahwa tempat ini merupakan tempat dari Dayang Sumbi atau ibu dari Sangkuriang melakukan kegiatan seperti mandi,mencuci baju dan juga mengambil air untuk minum. 

Wisata Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut Bandung

Kalo dilihat dari sejarah Sanghyang Heuleut ini admin sendiri tidak tau kenapa danau tersebut diberi nama demikian,tapi kalau diartikan dari namanya Sanghyang itu bisa dibilang "sesuatu yang suci" sedangkan Heuleut itu merupakan " selang antara dua waktu " jadi mungkin sejarah yang benarnya mungkin tempat suci yang biasa digunakan untuk mandi para bidadari dari khayangan. Sanghyang Heuleut ini merupakan sebuah danau purba yang indah dan sampai sekarang masih bisa kunjungi dan disekelilingnya terdapat banyak bebatu besar hasil dari letusan gunung yaitu Gunung Sunda yang terletak di kabupaten Bandung Barat.

Tempat Wisata Sanghyang Heuleut
Danau Sanghyang Heuleut

Air yang ada di danau Sanghyang Heuleut ini juga tidak pernah kering karena terdapat sebuah air terjun mini yang merupakan sumber air bagi danau tersebut, dan dari mana sumber air terjun kecil tersebut ? Jika ditelusuri maka air tersebut berasal dari mata air hulu sungai Citarum yang terkenal jernih dan bersih. Jika anda tertarik untuk mengetahui mengenai hulu sungai Citarum yang mengalirkan airnya sampai ke Sanghyang Heuleut mungkin anda bisa membaca artikel mengenai tempat wisata Situ Cisanti yang merupakan hulu dari sungai Citarum.

Letak Lokasi wisata Sanghyang Heuleut Bandung.

Lokasi tempat wisata Sanghyang Heuleut ini termasuk salah satu lokasi wisata yang terpencil di kabupaten bandung , karena letaknya yang terpencil dan juga tersembunyi terkadang ada juga wisatawan yang menyebutnya dengan tempat wisata alam yang tersembunyi. Tetapi para pembaca perlu ketahui bahwa lokasi wisata Sanghyang Heuleut ini merupakan sebuah danau yang letaknya berada di dalam kawasan PLTA waduk Saguling. Alamat dari danau Sanghyang Heuleut ini berada di Rajamandala Kulon, Cipatat ,Kabupaten Bandung Barat. Letaknya tepat berada di tengah-tengah kawasan perhutanan yang dikelola oleh PLTA waduk Saguling.

Harga Tiket Masuk Wisata Sanghyang Heuleut Bandung.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata Sanghyang Heuleut maka anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang , sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 ,kalau parkir kendaraan roda empat yaitu sebesar Rp 10.000 . Untuk harga parkir segitu sih masih tergolong cukup murah karena tarif parkir di Sanghyang Heuleut tersebut dihitung perkendaraan,bukan perjam anda parkir. Tempat wisata Sanghyang Heuleut juga menyediakan jasa penyewaan jaket pelampung seharga Rp 20.000/jaket.

Rute Jalan Menuju Wisata Sanghyang Heuleut Bandung.

Untuk akses jalan ke tempat wisata terpencil yaitu Danau Sanghyang Heuleut ini anda bisa menggunakan dari Cimahi - Padalarang - Raja Mandala - Waduk Saguling. Karena tidak banyak petunjuk jalan yang mengarah ke tempat wisata jadi otomatis yang harus anda jadikan patokan adalah papan petunjuk jalan ke waduk Saguling. Akan tetapi setelah sampai di gerbang masuk waduk Saguling anda masih harus berjalan kaki dari gerbang waduk menuju ke danau Sanghyang Heuleut kurang lebih sekitar 40 menit sampai 1 jam melewati hutan. Jika ragu saat berjalan kaki anda bisa bertanya ke penduduk sekitar arah menuju Sanghyang Heuleut. Ada satu hal yang perlu Anda waspadai , dalam perjalanan anda wajib berhati-hati karena kondisi jalan sangat curam dan agak rusak.

Kegiatan yang bisa anda lakukan di wisata Sanghyang Heuleut Bandung.

Beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan saat mengunjungi tempat wisata Sanghyang Heuleut diantaranya :
- karena tempat wisata Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau ,tentunya setelah disana anda bisa berenang. Jika ingin berenang demi keamanan sebaiknya anda menyewa jaket pelampung karena kedalaman danau Sanghyang Heuleut ini kurang lebih sekitar 2 - 5 meter.

Berenang di Sanghyang Heuleut
Berenang di Sanghyang Heuleut

- Anda juga bisa melakukan kegiatan berfoto karena alam sekitar Sanghyang Heuleut terdiri dari banyak bebatuan yang bisa menjadi spot yang bagus untuk berfoto.

Kuliner di tempat wisata Sanghyang Heuleut Bandung.

Untuk kuliner atau tempat makan dilokasi wisata Sanghyang Heuleut belum banyak, paling disana yang ada hanya warung kecil tempat berjualan minuman dan makanan ringan saja seperti goreng-gorengan, Snack, dan jika anda merasa lapar paling yang ada disana hanya mie instant. Jadi untuk perbekalan jika ditakutkan anda lapar setelah lama bermain air atau berenang di Sanghyang Heuleut sebaiknya anda membawa bekal makanan sebelum anda berangkat.

Tips Wisata ke Sanghyang Heuleut Bandung.

Jika ingin melakukan wisata ke Sanghyang Heuleut ada beberapa tips yang bisa kami bagikan diantaranya :
- Siapkan stamina anda karena dari gerbang masuk waduk Saguling menuju Sanghyang Heuleut cukup jauh tentunya anda memerlukan tenaga ekstra.
- Bawalah perbekalan makanan dan minuman karena tempat berjualan makanan dan minuman disana sangat minim sekali.
- Jika perlu bawalah kamera yang bisa memotret didalam air karena tentu anda tidak ingin kehilangan momentum anda saat mengunjungi tempat wisata Sanghyang Heuleut dengan berfoto sambil berenang.
- Tetaplah berhati-hati dalam perjalanan selama menuju wisata Sanghyang Heuleut Bandung.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai tempat wisata Sanghyang Heuleut Bandung, semoga bisa bermanfaat.
loading...

2 comments:

  1. Masih alami banget yah tempatnya...saya kira bukan di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi wisata Sanghyang heuleut masih di Bandung Jawa barat gan

      Delete

Powered by Blogger.