loading...

Thursday, 25 May 2017

Tempat Wisata Pangandaran Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Pangandaran yang wajib anda kunjungi

Wisata dan Kuliner - Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata dilokasi jawa barat tepatnya didaerah ciamis yang sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pada musim liburan dan juga libur akhir tahun pangadaran selalu dipadati para wisatawan , bisa dibilang hampir tidak pernah sepi pengunjung.  Salah satu hal yang menjadikan pangandaran sangat diminati karena letak tempat wisatanya sangat mudah di jangkau baik dengan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum. Sebelum anda berwisata ke daerah pangandaran , ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui apa saja tempat wisata di pangandaran yang wajib anda kunjingi :

Wisata Pangandaran
Wisata Pangandaran

Beberapa tempat wisata populer di Desa Pangandaran yang wajib anda kunjungi :
1. Pantai Pangandaran

Tentu saja yang paling wajib anda kunjungi pertama adalah Pantai Pangandaran. Pantai Pangandaran adalah salah satu objek wisata paling favorit bagi para penikmat wisata. Di Pantai ini kita bisa menikmati berbagai macam wisata air seperti memancing, naik perahu, parasailing, jet ski. Selain permainan air beberapa fasilitas menarik yang ditawarkan di pantai pangandaran ini diantaranya :
- jika pagi hari para pengunjung pantai pangandaran dapat menikmati indahnya matahari terbit dan tentu juga bisa menikmati tenggelamnya matahari di sore hari .
- dipantai pangandaran para pengunjung bisa berenang ditepi pantai ,tapi ingat jangan melanggar batas lokasi yang telah ditentukan oleh pengelola wisata. 
- Di pantai pangandaran juga terdapat tim penyelamat Pantai sehingga para pengunjung bisa menikmati wisata air dengan nyaman dan tentunya jika para pengunjung membawa anak-anak tetap harus diawasi .
- Jalan dilokasi wisata juga sudah beraspal mulus dan lampu penerangannya juga sudah cukup memadai .
- Pantai Pangandaran juga memiliki taman laut yang cukup indah .
- Dengan menyeberang pantai pangandaran para pengunjung bisa melihat cagar alam yang ada didaerah pangandaran . 

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran (tahun 2016) sebagai berikut :
• Pejalan kaki 1 orang Rp 3.500
• Kendaraan roda dua Rp 7.500
• Mobil Sedan / Jeep. Rp 19.500
• Mobil Carry.               Rp 36.000
• Bus Kecil.                   Rp 80.000
• Bus Sedang.              Rp 104.000
• Bus Besar.                 Rp 172.000

Untuk melihat apa saja yang ada di cagar alam mari kita bahas dibawah ini :

Cagar Alam Pantai Pangandaran
Di cagar alam pangandaran para pengunjung dapat menikmati beberapa goa yang terbentuk secara alami . Beberapa goa di cagar alam yang sering orang kunjungi diantaranya sebagai berikut :

- Goa Parat 
Dalam bahasa sunda Parat artinya tembus ,karena goa yang satu ini tembus sampai ke pantai makanya dinamai Goa Parat . Goa ini cukup panjang sekitar kurang lebih 200 meter. Konon menurut sejarahnya goa ini merupakan patilasan dari Syeh Ahmad (pangeran kasepuhan ) dan Syeh Muhammad (pangeran kanoman) . Kedua nama tersebut merupakan penyebar agama islam ditanah jawa ini pada masa kerajaan Pananjung. Hal yang unik dalam Goa Parat ini adalah terdapat Batu yang mirip kelamin laki-laki dan perempuan sehingga orang sering menyebutnya dengan batu kelamin. Menurut cerita yang beredar di masyarakat pangandaran jika para pengunjung yang mengusap batu kelamin tersebut akan cepat mendapatkan jodoh. Dalam Goa Parat terdapat juga namanya Batu Gong karena jika batu tersebut dipukul maka akan mengeluarkan suara seperti suara Gong. Ada lagi satu batu yang berlubang karena akibat tetesan air masyarakat sering menyebutnya sebagai kaca benggala mak lampir , hal ini dikarenakan goa parat ini merupakan tempat syuting film mak lampir yang sering kita lihat di televisi .

Goa Parat Pangandaran
Goa Parat Pangandaran

 - Goa Miring
Goa yang satu ini disebut sebagai goa miring hal ini dikarenakan pintu masuk goanya yang begitu sempit dan jika ingin masuk kita harus memiringkan badan sambil berjalan untuk memasuki goa tersebut. Didalam goa ini kita juga akan  menemukan batu kuntilanak karena batu tersebut menyerupai seorang ibu yang sedang menggendong anak dan ada juga batu yang menyerupai kerangka tengkorak manusia.

Goa Miring Pangandaran
Goa Miring Pangandaran

 - Goa Sumur Mudal
Mudal dalam bahasa sunda artinya mendidih, konon dahulu Goa ini terdapat sumber mata air yang mendidih akan tetapi saat ini sangat disayangkan sumber mata air mendidih tersebut sudah kering. Itulah kenapa masyarakat menyebut goa tersebut dinamakan Goa Sumur Mudal.

Goa Sumur Mudal Pangandaran
Goa Sumur Mudal

- Goa Lanang
Goa yang satu ini dinamakan goa lanang dikarenakan didalam goa ini terdapat batu yang berbentuk seperti seorang laki-laki yang habis disunat. Keunikan lainnya dari Goa Lanang ini adalah didalamnya terdapat batu gamelan yang bisa dipukul dapat mengeluarkan suara nada. Konon batu ini merupakan batu tempat bermain musik kerajaan dahulu kala yaitu kerajaan Pananjung atau biasa disebut sebagai Kerajaan Galuh Pangauban.

Goa Lanang Pangandaran
Goa Lanang Pangandaran

- Goa Panggung
Goa satu ini memang pantas disebut sebagai Goa Panggung karena didalam goa ini terdapat satu pelataran yang sangat menyerupai panggung, dan di dalam panggung ini juga terdapat makam Mbah jaga Laut atau biasa orang sering memanggilnya dengan Kyai Pancing Benar . Kyai Pancing Benar merupakan keponakan dari ratu pantai selatan yakni Nyai Roro Kidul.

Goa Panggung Pangandaran
Goa Panggung Pangandaran
- Goa Rengganis
Goa Rengganis merupakan salah satu goa dikawasan cagar alam Pangandaran yang cukup unik, letak keunikannya adalah terdapat sumber mata air yang tidak pernah kering walaupun saat sedang musim kemarau. Karena tidak pernah kering maka masyarakat setempat mempercayai sebuah mitos konon air tersebut jika dipakai untuk mandi atau membasuh muka akan membuat kita selalu terlihat awet muda. Namanya juga mitos ya para pembaca boleh percaya boleh juga tidak.

goa rengganis pangandaran
Goa Rengganis

- Goa Karang Bolong
Disebut sebagai karang bolong karena sebenarnya goa ini adalah sebuah batu karang besar yang ditengahnya terdapat lubang besar yang tembus,jadi jika anda ke sana saat air sedang surut anda dapat melihatnya sambil melewatinya dengan perahu sewaan. Tetapi sering kali jika air laut sedang pasang goa tersebut sering tidak terlihat karena tertutup air laut yang sedang pasang tersebut.

Goa Karang Bolong Pangandaran
Karang Bolong Pangandaran

Untuk perincian harga tiket masuk ke cagar alam Pangandaran (tahun 2016) bisa lihat dibawah ini :
• Tiket masuk per orang adalah Rp 20.000
• Sewa Senter untuk penerangan Rp 10.000
• Kalau untuk biaya sewa pemandu wisata anda bisa lakukan penawaran dengan pemandunya.

Goa - goa tersebut diatas adalah beberapa goa yang biasa atau sering orang kunjungi jika ke daerah cagar alam pantai pangandaran. Berikut seterusnya kita akan melanjutkan kembali ke tempat kedua yang wajib anda kunjungi jika berwisata ke daerah Pangandaran.



2. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas merupakan salah satu pantai yang terletak di desa Batu Karas ,kecamatan cijulang yang jaraknya kurang lebih sekitar 35 km dari pantai pangandaran. Untuk waktu tempuh jika kita dari pantai pangandaran kurang lebih memakan waktu 40 menit . Pantai ini tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan pantai pangandaran konon menurut para menikmati wisata di Pantai Batu Karas ini cenderung lebih banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi Pantai tersebut dibandingkan dengan Pantai Pangandaran. Beberapa kegiatan dan permainan yang bisa anda lakukan di pantai Batu Karas diantaranya :
- Melakukan kegiatan selancar
Pantai Batu Karas memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk kegiatan selancar. Untuk alat selancar anda bisa menyewanya disana berikut instruktur peselancar yang sudah sangat handal tentunya.
- Jika anda takut untuk melakukan kegiatan selancar, anda bisa melakukan permainan pemicu adrenalin lainnya seperti menaiki banana boat, jet ski, atau kegiatan berkuda ditepian pantai.
- Didekat pantai batu karas juga terdapat sebuah pantai terpencil yang bernama Pantai Karang Nunggal . Akan tetapi jika ingin kesana sebaiknya anda meminta atau menyewa pemandu untuk mengantarkannya ke Pantai Karang Nunggal hal ini di karena jalur jalan kesana sangat terjal dan banyak bebatuan yang menjulang tinggi.
- Seperti pantai lainnya jika anda membawa keluarga dan anak-anak anda bisa bermain pasir di sekitar pantai seperti membuat istana pasir dan lainnya. Atau anda bisa bersantai sambil minum kopi dan menikmati suasana alam disekitar pantai.

Pantai Batu Karas
Pantai Batu Karas

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Batu Karas (tahun 2016) bisa lihat dibawah ini :
• Pejalan Kaki 1 orang Rp 3.500
• Kendaraan Motor.     Rp 7.500
• Kendaraan Jeep/sedan Rp 19.500
• Kendaraan Carry.      Rp 36.000
• Bus Kecil.         Rp 80.000
• Bus Sedang.    Rp 104.000
• Bus Besar.       Rp 172.000



3. Sungai Citumang Pangandaran

Sungai Citumang merupakan salah satu tempat wisata yang dekat dengan pantai pangandaran tepatnya di Dusun Sukamanah, Kecamatan Parigi ,Kabupaten Ciamis. Jarak tempuhnya kira kira sekitar 15 km dari pantai pangandaran. Sungai Citumang memiliki keindahan alami dengan airnya yang berwarna biru dan sangat jernih. Kegiatan yang bisa anda lakukan di sungai Citumang diantaranya adalah berenang dan bermain air disungai yang benar-benar jernih dan disekelilingnya terdapat pepohonan hijau sehingga suasana udara disana pun sangat sejuk.

Citumang Ciamis
Citumang Ciamis

Harga tiket masuk ke Sungai Citumang (tahun 2016) sebagai berikut :
• Tiket masuk Rp 15.000/orang
• Body Rafting Rp 75.000/orang
• Sewa Tenda. Rp 50.000/tenda



4. Cukang Taneuh atau Green Canyon

Kalau di Amerika punya Grand Canyon kita yang di Indonesia juga tidak mau kalah, kita punya yang namanya Green Canyon atau Cukang Taneuh. Green Canyon yang ada di negara kita ini juga tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Green Canyon ini terletak tepatnya di desa kertayasa,kecamatan Cijulang-Kabupaten Ciamis . Kata orang belum lengkap jika ke pangandaran tidak mengunjungi Green Canyon , hal ini dikarenakan tempat ini juga merupakan favorit bagi penikmat wisata jika berkunjung ke wisata daerah Pangandaran. Untuk sampai di wisata Green Canyon kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 30 km dari daerah Pangandaran. Setelah sampai di gerbang masuk kita juga masih harus menuju lokasi wisatanya dengan menyewa perahu.

Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Ciamis Pangandaran

Cukang Taneuh merupakan sebuah ngarai yang terbentuk dari erosi tanah akibat aliran dari sungai Cijulang berjuta tahun yang lalu sehingga menembus Goa . Hal yang membuat menarik dari Green Canyon adalah terdapat nya dua bukit yang mengapit sungai dengan rimbunnya pepohonan hijau. Akibat pantulan dari rimbunnya pepohonan hijau membuat air disungai tersebut selalu terlihat hijau. Hal ini juga diperindah dengan dinding dinding bukit yang ditumbuhi lumut hijau, mungkin hal inilah yang membuat orang menyebut Cukang Taneuh dengan sebutan Green Canyon atau Ngarai Hijau.
Dahulu sebelum ada sebutan Green Canyon warga setempat biasa menyebut lokasi wisata tersebut dengan nama Cukang Taneuh . Cukang Taneuh adalah istilah dengan bahasa Sunda yang jika diartikan berarti Jembatan Tanah. Masyarakat menyebutnya dengan Cukang Taneuh bukan tanpa alasan akan tetapi memang disana ada sebuah jembatan alami yang terbentuk dari tanah.

Cukang Taneuh
Cukang Taneuh

Beberapa hal yang bisa kita lakukan jika berada di lokasi wisata Green Canyon misalkan para pengunjung bisa menikmati keindahan disekitar sungai dengan naik perahu. Jika anda ingin memacu adrenalin anda bisa menceburkan diri ke sungai dan berenang melawan arus .
Untuk Harga tiket masuk ke wisata Green Canyon (tahun 2016) sebagai berikut :
• tiket masuk per orang adalah Rp 12.500
• Sewa perahu. Rp 75.000/perahu
• Sewa pelampung Rp 5.000/pelampung
Jika anda berminat untuk melakukan wisata ke Green Canyon saya sarankan sebaiknya pada musim kemarau ,karena saat musim hujan debit air disana akan sangat tinggi dan juga keruh.



5. Wisata Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu terletak di desa Ciliang Kecamatan Parigi, jaraknya sekitar 14 km dari Pangandaran. Di Pantai Batu Hiu ini para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan juga menikmati kesegaran udara disekitar pantai dengan cara naik keatas bukit kecil yang ada dipantai tersebut. Salah satu hal yang unik adalah jika kita diatas bukit kecil dan memandang ke laut lepas kita akan melihat sebongkah batu yang bentuknya menyerupai sirip ikan hiu yang sedang berenang, mungkin karena hal inilah kenapa pantai tersebut diberi nama Pantai Batu Hiu. 

Pantai Batu Hiu Pangandaran
Pantai Batu Hiu Pangandaran

Untuk tiket masuk Pantai Batu Hiu (2016) bisa lihat dibawah ini : 
• Tiket masuk pejalan kaki Rp 3.500/orang
• Motor roda dua Rp 7.500
• Mobil Sedan atau Jeep Rp 36.000
• Mobil Carry.    Rp 36.000
• Bus Kecil.   Rp 86.000
• Bus Sedang Rp 106.000
• Bus Besar.  Rp 172.000

Berikut diatas adalah harga tiket masuk ke lokasi wisata, kalau dibanding bandingkan memang rata-rata harga tiket masuk lokasi pantai di sekitaran pangandaran tidak jauh berbeda. Untuk anda yang berwisata ke pantai Batu Hiu jangan lupa menikmati matahari terbit dan tenggelam disana karena sangat indah. Dan satu hal lagi bagi anda yang berjalan di sekitar pinggir pantai Batu Hiu untuk menikmati air laut harap lebih berhati-hati karena terkadang di Pantai Batu Hiu sering terdapat ubur-ubur.



6. Pantai Karapyak

Jika anda sudah sering berkunjung ke daerah pantai di Ciamis seperti pantai pangandaran, batu hiu , cobalah untuk berkunjung ke pantai satu ini namanya Pantai Karapyak. Pantai ini memang memang kalah terkenal jika dibandingkan dengan pantai Pangandaran akan tetapi keindahan yang ditawarkan di Pantai Karapyak ini cukup menarik. Di pantai Karapyak ini membentang pasir putih sepanjang hampir 5 km dan kondisi pantai Karapyak ini juga masih sangat bersih,karena pantai satu ini termasuk pantai yang masih belum dikelola oleh pemerintah. Untuk kepantai Karapyak ini juga cukup mudah karena sudah banyak papan petunjuk jalan untuk menuju kearah Pantai Karapyak.

Pantai Karapyak Ciamis
Pantai Karapyak Ciamis

Pantai Karapyak ini berada tepatnya didesa Bagolo,kecamatan Kalipucang-Ciamis. Di pantai Karapyak jika air sedang surut anda bisa melihat berbagai macam ikan hias yang sedang berenang di tepian pantai . Akan tetapi satu hal yang sangat disayangkan untuk menuju ke Pantai Karapyak anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena rute untuk menuju ke Pantai Karapyak belum ada angkutan umum ataupun ojek.



7. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung merupakan salah satu pantai yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan , dikarenakan pantai pananjung memiliki pasir putih dan warna air yang masih sangat jernih.

Pantai Pananjung
Pantai Pananjung

Pantai Pananjung terletak di dekat pantai pangandaran tepatnya masih berada di daerah cagar alam yang masih merupakan daerah konservasi hutan lindung. Untuk menuju ke pantai pananjung kita bisa melalui dua rute diantaranya jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat kita bisa berjalan melalui hutan di objek wisata cagar alam pangandaran dan jika melalui jalur atau rute laut harus melalui pantai pangandaran dengan menyewa perahu untuk menyeberang. Di Pantai pananjung kita bisa bermain dipasir putih dan juga melihat berbagai biota laut .



loading...

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.