loading...

Thursday, 25 May 2017

Wisata Jalan Asia Afrika Bandung

Wisata Jalan Asia Afrika Bandung Di Malam Hari

Wisata dan Kuliner - Jika anda mengunjungi kota Bandung jangan lupa mampir ke alun-alun kota Bandung untuk melakukan Wisata di Jalan Asia Afrika Bandung. Alun-alun kota Bandung berada di Jalan Asia Afrika ,dijalan ini banyak terdapat lokasi bersejarah yang bisa kita gunakan untuk foto-foto dan juga sebagai wisata sejarah. Kondisi jalan disana saat ini sudah tidak seperti dulu yang terlihat kurang rapih ,banyak trotoar yang rusak. Sejak kepemimpinan Ridwal Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil ini lokasi jalan satu ini disulap menjadi sangat rapih dan juga bersih. Konsep Penataannya juga hampir seperti kondisi di Paris. Namanya juga kota yang dijuluki Paris Van Java. Emang perlu kita beri apresiasi untuk Wali Kota yang memiliki basic seorang Arsitek ini,menurut saya beliau memang hebatlah dalam menata kota Bandung. Kalau kalian belum tau yang namanya Ridwan Kamil bisa kunjungan website Kang Emil di http://www.ridwankamil.me

suasana malam di jalan asia afrika bandung

Dijalan Asia Afrika ini jika malam minggu sering diadakan kegiatan Car Free Night ,dimana semua kendaraan bermotor tidak diperbolehkan untuk melintasi jalan ini. Disaat inilah kita para pengunjung bisa bebas menikmati keindahan di jalan Asia Afrika ini. Di sana kita bisa bebas berfoto ,menikmati suasana kota Bandung yang dihiasi indahnya lampu kota Bandung. Berikut dibawah ini saya share foto yang saya ambil waktu bermain ke jalan Asia Afrika: 

jalan asia afrika malam hari

Wisata Jalan Asia Afrika Bandung ada apa saja ?

Disepanjang jalan Asia Afrika ini juga sudah disediakan kursi untuk duduk. Kalau sudah capek keliling kita bisa duduk istirahat dikursi yang sudah disediakan tersebut. Bentuk kursinya juga sangat klasik dan bagus, nih contoh kursinya lihat foto dibawah:

kursi di jalan asia afrika

Di sepanjang jalan Asia Afrika trotoarnya sudah diperbaiki dan juga dipasang hiasan bola yang bertuliskan nama negara. Nama negara yang ditulis itu adalah nama negara-negara yang tergabung dalam KAA (Konferensi Asia Afrika). Bola yang dipasang ini selain sebagai hiasan juga sebetulnya bertujuan untuk melindungi para pejalan kaki dari mobil yang melewati jalan tersebut. Kreatif juga ya...
Banyak para pengunjung yang sengaja mengabadikan foto mereka disamping bola bertuliskan nama negara tersebut. Tapi tolong diinget ya bola tersebut bukan untuk duduk dan juga jangan berdiri diatas bola,kalau dilihat petugas satpol PP pasti anda dapat teguran. Apalagi kalau sampai ketangkap walikota yang sering kontrol kesana dijamin pasti kena hukum push up dipinggir jalan. Hahaha...
Nih contoh yang tidak patut ditiru ( lihat foto dibawah ) maaf foto sengaja di blur...

bola batu di jalan asia afrika bandung

Wisata Sejarah di Jalan Asia Afrika Bandung

Jangan lupa juga kalau ke Jalan Asia Afrika mampir juga untuk berfoto di tugu Nol Kilometer atau 0 Km . Konon tugu 0 km ini merupakan sejarah terbentuknya kota Bandung. Sejarahnya begini ,dulu zaman waktu indonesia masih dijajah oleh Belanda,Gubernur jenderal Belanda yang bernama Herman Willem Daendels memerintahkan membangun jalan yang menghubungkan Anyer sampai Panarukan,disaat itulah beliau menancapkan tongkat dan mengatakan bahwa usahakan agar tempat beliau menancapkan tongkat tersebut jika dia kembali lagi sudah terbentuk menjadi sebuah kota. Dari situlah tempat itu diberi tanda dengan Kilometer Nol atau Kilometer awal mulai dibentuknya kota Bandung. Tugu Nol Km berada dijalan Asia Afrika tepatnya di depan Kantor Dinas Bina Marga kota Bandung. Nih foto tugunya lihat dibawah ini.

tugu nol kilometer jalan asia afrika bandung

Satu hal lagi yang jangan dilupakan mampirlah ke Gedung Merdeka atau biasa lebih dikenal dengan Museum Asia Afrika untuk sekedar menikmati wisata sejarah kota Bandung ini. Mampir juga ke Alun-alun kota Bandung disana ada Mesjid Agung Bandung yang bisa digunakan untuk ibadah bagi yang beragama Muslim dan jika membawa serta anak-anak sempatkanlah untuk bermain di halaman Mesjid Agung. Halaman di Mesjid Agung ini sangat luas dan oleh walikota Bandung Ridwan Kamil sudah direnovasi dan ditanami Rumput Sintesis berwarna hijau sehingga terlihat sangat indah. Tapi ingat jika ingin bermain di rumput sintesis ini para pengunjung tidak diperkenankan menggunakan sepatu atau sandal,karena dikhawatirkan akan merusak rumput sintesis tersebut bahkan munkin akan merusaknya. Lokasi jalan Asia Afrika ini juga dekat ke jalan Braga ,dijalan braga jika malam minggu selalu ramai karena banyak banyak cafe-cafe tempat nongkrong sambil makan dan juga ngopi, asyik khan...? Bagaimana apa anda tertarik untuk mengunjungi Jalan Asia Afrika? Untuk Orang Luar Kota jika ingin kesana saya kasih tau jalur akses jalan yang mudah, nih rutenya jika menggunakan mobil melalui tol keluarlah di gerbang tol Pasir Koja jangan keluar tol Pasteur (kebanyakan orang hanya tau ke Bandung harus keluarnya di tol Pasteur padahal masih banyak gerbang tol lainnya), setelah keluar dari tol pasirkoja tinggal lurus terus aja jangan belok,ketemu lampu merah pun tetap lurus pasti akan sampai.
Nih biar makin gampang bisa lihat dulu lokasinya di Google Maps :


Sekian informasi dari saya mengenai jalan-jalan ke Asia Afrika Bandung ,semoga bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang berminat untuk berwisata ke Jalan Asia Afrika Bandung.

loading...

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.