loading...

Friday, 19 May 2017

Wisata Kebun Raya Bogor - Pusat Konservasi Tumbuhan

Wisata Kebun Raya Bogor Pusat Konservasi Tumbuhan Tertua

Wisata dan Kuliner - Kali ini admin akan membahas mengenai salah satu tempat wisata di daerah Bogor yang memiliki fungsi yang sama dengan Taman Hutan Raya Juanda Bandung yaitu pusat konservasi tumbuh-tumbuhan yang bernama Kebun Raya Bogor atau banyak juga orang mengenalnya dengan Istana Bogor . Kebun Raya Bogor ini memiliki lokasi yang cukup luas yaitu sekitar 87 hektar dengan beragam jenis tanaman konservasi kurang lebih berjumlah 15.000 jenis tanaman. Tempat wisata satu ini pada awalnya sudah merupakan hutan buatan yang ada pada masa kerjaan jaman dulu ketika kepemimpinan Prabu Siliwangi , dan mulai di renovasi pada jaman kepemimpinan Gubernur Belanda yang bernama Thomas Stamford Raffles.
 Baca Juga : Taman Hutan Raya Juanda Bandung
Pada saat tahun 1800 an Gubernur Belanda Raffles ini mendiami Istana Bogor saat itu dan beliau berminat untuk merubah halaman Istana Bogor tersebut menjadi Taman Botani yang cantik dan bergaya klasik , sejak itulah Kebun Raya Bogor ini terbentuk dan terus berkembang sampai saat sekarang ini. Tempat wisata Kebun Raya Bogor juga sering dijadikan destinasi wisata bagi rombongan murid sekolah dalam rangka mengenalkan berbagai jenis tumbuhan untuk menambah wawasan pendidikan.

Wisata Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Apa saja yang ada di tempat wisata Kebun Raya Bogor

Tentu para pembaca ingin tau dong apa saja dan kegiatan apa yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke Kebun Raya Bogor atau Istana Bogor ?. Sekarang kita akan membahas ada apa saja sih didalam wisata Kebun Raya Bogor diantaranya :
- Danau Gunting
Danau gunting ini berada dekat sekali dengan pintu masuk Kebun Raya Bogor juga Istana Bogor. Danau ini sangat penting untuk dikunjungi jika anda mengunjungi tempat wisata satu ini karena danau ini sangatlah indah , dan hal paling asik ialah anda bisa menikmati makanan sambil melihat keindahan pemandangan Danau Gunting tersebut sayangnya didanau tersebut tidak ada sarana permainan perahu seperti yang ada di Wisata Floating Market Lembang yang ada di Bandung. Di dekat danau gunting juga terdapat Patung Tangan Tuhan serta Patung Little Mermaid.

Danau Gunting Kebun Raya Bogor
Danau Gunting Istana Bogor


- Museum Zoologi

Museum zoologi merupakan museum yang menyimpan kerangka binatang yang telat diawetkan. Dimuseum zoologi Kebun Raya Bogor ini kita bisa mengenal kerangka berbagai macam binatang atau fosil binatang. Di museum zoologi kebun raya bogor ini juga ada fosil utuh paus biru yang merupakan paus terbesar didunia.
- Pemakaman Belanda Kuno
Kalau dilihat mungkin agak terkesan mistis, masa wisata kok ke kuburan ? Tapi untuk sekedar pengetahui bolehlah jika kita ingin kunjungi, makam belanda ini merupakan makam dari Heinrich Kuhl dan juga J.C. Van Hasselt mereka merupakan ahli biologi dan ahli tumbuhan asal Belanda yang sangat berperan penting dalam penelitian tumbuhan-tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor pada masa dulu.
- Taman Meksiko 
Taman Meksiko merupakan tempat yang banyak orang gunakan untuk tempat spot berfoto , disana kita akan menemukan patung musisi yang memegang alat musik meksiko lengkap dengan pakaian khas meksiko tersebu.- Museum Zoologi
Taman ini terletak dekat dengan pintu khusus pejalan kaki, ditaman ini juga terdapat sebuah danau buatan lengkap dengan air mancur . Selain itu di Taman Astrid Kebun Raya Bogor juga memiliki hamparan padang rumput yang sangat luas yang bisa digunakan tempat bermain anak. Didekat Taman Astrid juga dibangun sebuah Kafe yang dinamakan Kafe Dedaunan, kafe ini juga merupakan satu-satunya kafe disana dengan bangunan gaya eropa yang unik.
- Melihat Bunga Bangkai atau Raflesia Arnoldi
Untuk melihat bunga ini tidak bisa setiap saat karena bunga bangkai ini hanya mereka disaat tertentu saja , jadi ini mungkin hanya bisa anda nikmati saat mekarnya bunga saja.
- Griya Anggrek
Griya Anggrek ini bentuknya berupa rumah kaca dimana didalamnya terdapat kurang lebih 500 spesies anggrek yang merupakan hasil perkawinan silang, jadi jika anda merupakan penggemar bunga anggrek jangan lewatkan untuk mengunjungi Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor.
Diatas itu adalah beberapa lokasi didalam Kebun Raya Bogor yang wajib anda kunjungi saat kesana,tetapi masih ada beberapa tempat yang tidak saya sebutkan seperti Taman Sujana, Labolatorium Treub dan masih banyak lainnya .

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Untuk harga masuk ke Kebun Raya Bogor atau Istana Bogor relatif murah , tidak semahal tempat wisata lainnya di bogor seperti Taman Buah Mekarsari Bogor. Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 14.000/orang. Jam operasional dari Kebun Raya Bogor yaitu mulai buka jam 7.30 dan tutup jam 17.30 sore. Letak alamat lengkap dari Kebun Raya Bogor ini ada di jalan ir.juanda no.13 Bogor-Jawa Barat.
Untuk kendaraan umum yang bisa anda gunakan jika mau menuju ke Kebun Raya Bogor :
- Jika anda dari Stasiun Bogor gunakan angkot 03 jurusan Bubulak-Baranangsiang. Dengan naik angkot tersebut anda bisa langsung turun di Kebun Raya Bogor atau Istana Bogor.


Tips Wisata Ke Kebun Raya Bogor

Untuk anda yang berniat untuk berwisata kr Kebun Raya Bogor mungkin admin wisata dan kuliner akan menyarankan beberapa tips diantaranya sebagai berikut :
- Jika anda membawa anak-anak atau balita sebaiknya selalu awasi anak anda ketika bermain dan jangan lupa membawa stroller supaya tidak harus terlalu cepat untuk selalu menggendong anak anda.
- Karena ada beberapa lokasi di Kebun Raya Bogor yang berupa Taman sebaiknya anda membawa topi supaya tetap nyaman dan tidak terlalu terkena sinar matahari langsung.
- Karena di Kebun Raya Bogor banyak terdapat kondisi jalan yang menanjak sebaiknya anda gunakan sandal atau sepatu yang nyaman ,supaya asik jalannya menurut admin.
- Terakhir seperti biasa jangan buang sampah sembarangan di lokasi tempat wisata , jagalah selalu kebersihan tempat wisata .
Sekian Informasi yang bisa admin bagikan mengenai tempat wisata Kebun Raya Bogor atau Istana Bogor, semoga bisa bermamfaat untuk semua pembaca .
Sumber : www.wisatapedi.com



loading...

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.