loading...

Tuesday, 8 August 2017

Curug Cipongkor Potensi Wisata Alam Sumedang

Potensi Wisata Curug Cipongkor Sumedang.

Kabupaten Sumedang Jawa barat memiliki beberapa air terjun yang masih sangat alami, salah satunya adalah Curug Cipongkor yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata. Curug atau air terjun ini namanya sudah cukup banyak dikenal orang karena masih sangat alami, akan tetapi Curug ini masih belum dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata resmi, sehingga belum ramai pengunjung yang datang ke Curug Cipongkor ini. Tidak seperti Curug Cinulang Cicalengka yang sudah memiliki akses jalan yang baik, salah satu faktor yang menjadikan pengunjung untuk melakukan kegiatan wisata ke Curug Cipongkor karena akses jalannya yang sangat sulit. 
Baca : wisata Curug Cinulang Cicalengka.
Padahal jika dilihat dari alam sekitarnya, pemandangan di air terjun atau curug ini sangatlah indah. Ketinggian Curug Cipongkor ini adalah 30 meter dan disekelilingnya terdapat hamparan sawah yang sangat hijau sehingga cukup menyegarkan mata bagi setiap orang yang memandangnya.

Wisata Curug Cipongkor Sumedang
Curug Cipongkor Sumedang

Lokasi Wisata Curug Cipongkor Sumedang.

Curug Cipongkor ini terletak di Desa Ciherang, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Curug Cipongkor ini tergolong Curug atau air terjun yang cukup tersembunyi, terletak di sebuah tebing batu cadas yang merupakan hutan Gunung Tugu dan di dalam hutan tersebut masih banyak terdapat monyet yang berkeliaran. Berhubung objek wisata satu ini belum sama sekali dikelola oleh pemerintah setempat, otomatis fasilitas wisata seperti toilet, tempat ibadah dan tempat berjualan makanan dan minuman pun belum ada sama sekali. Kita harapkan secepatnya pemerintah setempat dapat meresmikan lokasi ini menjadi salah satu objek wisata dan melengkapi fasilitas yang memadai bagi para pengunjung, mengingat Curug Cipongkor Sumedang ini memiliki potensi wisata yang sangat bagus.

Rute Jalan ke Curug Cipongkor Sumedang.

Untuk anda yang ingin melakukan kegiatan wisata ke Curug Cipongkor ini akses jalannya memang agak sedikit sulit karena belum ada sama sekali papan petunjuk jalan yang akan membantu mengarahkan Anda ke objek wisata Curug Cipongkor ini. Walaupun belum ada petunjuk jalan menuju Curug, anda bisa gunakan Google Maps yang akan mengarahkan Anda ke desa Ciherang tempat keberadaan Curug Cipongkor ini.

jalan yang bisa anda gunakan untuk menuju ke Curug Cipongkor ini melalui jalan bandung-sumedang , jika menggunakan kendaraan umum anda bisa turun di pom bensin ciherang sebelum tugu selamat datang di kota Sumedang. Setelah itu anda lihat disebelah kiri ada jalan beton yang menanjak menuju sebuah kampung, anda harus mengikuti jalan menanjak tersebut kurang lebih 3 km. Satu-satunya cara untuk ke Curug Cipongkor ini adalah dengan cara berjalan kaki melewati persawahan dan menelusuri jalan setapak, jika ragu kami sarankan untuk sambil bertanya pada penduduk yang ada disekitar sana untuk sampai di objek wisata tersebut karena memang tidak ada papan petunjuk jalan sama sekali ke Curug Cipongkor ini. Bagi anda yang senang menelusuri alam bebas pasti akan sangat menyukai kegiatan satu ini.

Tips wisata ke Curug Cipongkor Sumedang.

Untuk anda yang ingin mencoba menelusuri keberadaan objek wisata Curug Cipongkor Sumedang ini, ada sedikit tips yang bisa kami bagikan untuk anda diantaranya :
- demi kenyamanan saat berjalan sebaiknya gunakan sepatu.
- siapkan perbekalan makanan dan minuman karena disana tidak ada penjual makan dan minuman sama sekali.
- jika ragu mengenai akses jalan sebaiknya tanyakan pada penduduk setempat mengenai jalan menuju Curug Cipongkor.
- jika sedang hujan sebaiknya berhati-hati dalam perjalanan karena mungkin kondisi jalan akan sangat licin.
- jika menggunakan kendaraan pribadi mungkin anda bisa parkir di SPBU karena menuju ke Curug hanya bisa diakses dengan berjalan kaki.
Baca : Wisata Curug Gorobog Sumedang.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai Curug Cipongkor Potensi Wisata Alam di Sumedang, semoga bisa bermanfaat dan selamat berlibur.
loading...

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.